Sejarah kuliner indonesia turun temurun

Seperti Kita tahu, ada banyak menu masakan tradisional asli Indonesia dengan cita rasa yang nikmat dan begitu menggoda. Setiap daerah memiliki berbagai menu masakan yang enak dan keunikan rasa yang berbeda antara satu dengan lainnya. Aneka ragam masakan tradisional sudah sepatutnya dipertahankan dan dilestarikan sebagai kekayaan kuliner nusantara. Mempelajari cara membuat dan resep masakan tradisional khas Indonesia sangatlah penting untuk mempertahankan kebudayaan bangsa. Berikut ini beberapa kunci rahasia kelezatan aneka macam masakan tradisional yang ada di nusantara, yaitu:
  • Menggunakan aneka rempah pilihan.
Salah satu keunikan masakan tradisional asli Indonesia adalah pemakaian aneka bahan rempah yang begitu beragam. Hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki potensi kekayaan rempah yang sangat melimpah ruah. Semua bahan rempah memiliki kualitas yang baik dan dapat dijadikan bumbu masakan tradisional yang menggoda selera. Tak heran bila berbagai menu masakan Indonesia yang enak dan memiliki aroma nikmat mengandalkan aneka macam perpaduan bumbu rempah yang presisi sehingga menghasilkan sajian masakan istimewa. Kekayaan cita rasa yang dimiliki setiap masakan dapat menggambarkan kekayaan hasil rempah di negara Indonesia.
  • Diolah secara tradisional dan sederhana.
Cita rasa masakan tradisional yang nikmat dan lezat tak lepas dari cara pembuatan atau proses pengolahannya yang dilakukan secara tradisional. Meskipun sederhana, berbagai jenis resep masakan tradisional menghasilkan rasa yang sangat memanjakan lidah. Beberapa contoh masakan seperti gudeg, ayam betutu, rendang dan lainnya adalah contoh masakan tradisional yang begitu nikmat bila diolah dengan teknik yang sederhana dan menggunakan tata cara memasak yang diajarkan secara tradisional.
  • Resep turun temurun dari nenek moyang dan selalu dipertahankan keasliannya.
Berbagai masakan tradisional khas Indonesia dilestarikan secara turun temurun dan menjadi ikon kuliner di masing-masing daerah. Misalnya di Jakarta, menu masakan seperti soto betawi menjadi salah satu masakan yang resepnya dilestarikan secara turun menurun sehingga memiliki cita rasa yang tidak berubah. Sementara itu, beberapa menu masakan khas di daerah lainnya juga tetap dipertahankan, baik dari segi resep maupun cara pembuatannya sehingga kekayaan masakan tradisional dapat dijadikan sebagai salah satu warisan kuliner nusantara.

Komentar